RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Skolah : SMAN 3 Kota Cirebon
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
STANDAR KOMPETENSI
Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
INDIKATOR
•Menjelaskan pengertian prokariotik
•Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubaeteria
•Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
•Membedakan struktur Eubakteria dan Archeobacteria
•Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia
ALOKASI WAKTU
4 jam pelajaran
I.TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu memahami prokariot yang meliputi struktur, fungsi tubuh, klasifikasi, dan peranan Eubacteria dan Archaeobacteria
II. MATERI PEMBELAJARAN
•Pengertian prokariot
•Ciri-ciri Eubacteria
1.Bentuk sel dan kloloni Eubacteria
2.Sturktur sel Eubacteria
3.Cara hidup Eubacteria
4.reproduksi bakteri
•Klasifikasi Eubacteria
•Perbedaan Archaeobacteria dan Eubacteria
•Contoh-contoh Archaeobacteria
•Peranan bakteri bagi manusia
III.Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Ceramah,Diskusi ,Tanya Jawab dan Model information
search , Demontrasi dan Praktikum.
IV.LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1 (2 jam pelajaran)
A.Kegiatan awal (15 menit)
•Mengkondisikan lingkungan
•Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan membaca do'a, lalu mengabsen siswa
•Guru memberikan materi tentang bakteri dengan memberikan apresiasi "apa yang anda ketahui tentang bakteri ?"
•Guru bersama siswa menyimpulkan arti penting bakteri bagi manusia.
B.Kegiatan inti ( 60 menit )
•Sepintas mengulas materi sebelumnya , yaitu mengenai virus
•Siswa membaca sumber bacaan berkenaan dengan materi yang akan di bahas selama 10 menit.
•Menuliskan judul/pokok bahasan yang akan di sampaikan (Sistem gerak )
•Mencari keyword pada sumber bacaan yang di baca oleh siswa.
•Mendiskusikan keyword tersebut bersama siswa.
•Menuangkan dalam peta konsep.
•Menjelaskannya dengan menampilkan gambar dan jenis – jenis bakteri.
•Menyimpulkan hasil dari peta konsep tersebut .
C.Kegiatan akhir ( 15 menit )
•Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa bisa di lakukan pos tets, baik secara lisan maupun tulisan.
•Memberi tugas kelompok berupa artikel- artikel tentang system gerak manusia untuk di buat menjadi kliping.
•Menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam dan Do’a.
PERTEMUAN II
A.Kegiatan awal ( 15 menit )
•Menciptakan lingkungan :
_Mengucapkan salam dan berdo’a
•Pretest: mengulang materi kembali yang telah di pelajari dengan memberi pertanyaan tentang Bakteri kepada siswa.
•Mengumpulkan jawaban untuk di nilai.
B.Kegiatan inti ( 65 menit )
•Sepintas mengulas materi sebelumnya , yaitu mengenai bakteri
•Guru meminta siswa membentuk kelompok menjadi 7-9 kelompok.
•Menjelaskan tujuan dari praktikum ( kegiatan LKS Kretaif hal.28 )
•Menerangkan alat dan bahan dalam praktikum
•Menerangkan langkah kerja
•Mencatat dan menjawab pertanyaan untuk dikusi.
C.Kegiatan akhir (10 menit )
•Memberi tugas kelompok berupa laporan hasil dari praktikum.
•Menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam dan Do’a.
V. ALAT/BAHAN/ SUMBER BELAJAR
ALAT : Spidol , OHP, panci brukuran sdang, kaca pembesar /lup ,
pisau, kompor
BAHAN : Plastik transparan , kentang
SUMBER BELAJAR : Buku biologi X, D.A. Pratiwi, Sri Maryati, Srikini,
Suharno, Bambang S, Erlangga , BAB III , LKS Kreatif
dan buku buku yang relevan
VI. PENILAIAN
• Penilaian mencakup 3 aspek meliputi apektif, kognitif dan psikomotor (instrumen penilaian terlampir)
Cirebon, 7 November 2008
Guru Pamong Pratikan
WILDAN ADANG WAHIDIN
NIP. 131559986 NIM. 50540723
Mengetahui ,
Kepala SMA 3 Cirebon
SUROSO , S.Pd M.Pd
NIP. 131916033
Lampiran penilaian
PENILAIAN SISWA
KELAS : X
HARI / TANGGAL :
PENILAIAN
NO NAMA AFEKTIF NILAI AKHIR KETERANGAN
A B C
1 A : KEHADIRAN
2 B : SIKAP
3 C : KERAPIAN
4
PENILAIAN
NO NAMA KOGNITIF NILAI AKHIR KETERANGAN
A B C
1 A : NILAI HASIL ULANGAN
2 Sa.Uh + Us / 2 = A
3 Sa.Uh =skor akhir ulangan
4 harian
5 Us = Ulangan semester
6 A = Skor akhir Nilai ulangan
7
8 B : Tugas - Tugas
9
10 C : Keaktifan di kelas
PENILAIAN
NO NAMA PSIKOMOTORIK NILAI AKHIR KETERANGAN
A B C
1 A : Nilai akhir Praktikum
2 B : Keterampilan Praktik
3 di laboratorium
4 C : Ktrampilan di kelas
5
PENILAIAN
NO NAMA afektif kognitif psikomtor KETERANGAN
1
2
3
4
5
PENILAIAN PRAKTIKUM
KELAS :X
PRAKTIKUM :
HARI / TANGGAL:
PENILAIAN
NO NAMA INTI AKHIR SCORE AKHIR KETERANGAN
A B C D
1 A : Menggambar
2 B : Mengidentifikasi
3 C : Sistematis laporan
4 D : Skor akhir menjawab Pertanyaan
5
6 E : Kesesuaian tujuan dan kesimpulan
7
8 Skor tiap poin 100
9 Jumlah skor maks. 500
10 skor akhir = skor maks./5
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar